Sistem Informasi Pemerintah Desa

+62 811 5567 967

Loa Janan

adminoffice@loaduriulu.com

Fogging Penyegahan Demam Berdarah

Fogging Penyegahan Demam Berdarah

Loa Duri Ulu, 21 Maret 2024 – Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Desa Loa Duri Ulu melaksanakan kegiatan pengasapan atau fogging yang didampingi langsung oleh Kepala Desa, Muhammad Arsyad. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 20 Maret 2024, dengan melibatkan seluruh perangkat desa dan warga setempat.

Pengasapan dimulai sejak pukul 08.00 WITA dengan menyasar beberapa titik rawan yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti, penyebab utama DBD. Tim fogging yang terdiri dari petugas kesehatan dan relawan desa menyisir area pemukiman, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Muhammad Arsyad, dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga kesehatan dan keselamatan warga desa. “Kami berharap dengan adanya kegiatan fogging ini, penyebaran nyamuk DBD bisa ditekan. Namun, yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti menguras dan menutup tempat penampungan air serta mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk,” ujar Arsyad.

Pada tanggal 20 Maret 2024, Desa Loa Duri Ulu juga melaksanakan kegiatan serupa sebagai langkah awal pencegahan DBD di awal musim penghujan. Kegiatan tersebut mendapat respons positif dari warga dan berhasil menurunkan jumlah kasus DBD di desa tersebut secara signifikan. Pengasapan ini merupakan tindak lanjut untuk memastikan lingkungan desa tetap bebas dari nyamuk DBD.

Selain pengasapan, Kepala Desa juga mengingatkan warga untuk terus menerapkan 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang), serta menggunakan lotion anti nyamuk dan memasang kelambu di tempat tidur. Ia juga mengajak warga untuk selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan jika ditemukan kasus demam atau gejala DBD lainnya agar dapat segera ditangani.

Warga Desa Loa Duri Ulu menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih atas perhatian pemerintah desa terhadap kesehatan mereka. “Kami sangat terbantu dengan adanya fogging ini, semoga nyamuk DBD bisa berkurang dan kita semua bisa terhindar dari penyakit,” kata seorang warga.

Kegiatan fogging ini diharapkan dapat rutin dilakukan terutama pada musim penghujan ketika populasi nyamuk meningkat. Pemerintah desa juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif warga dalam menjaga kebersihan lingkungan agar Desa Loa Duri Ulu tetap sehat dan bebas dari ancaman DBD.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *